Pages

28w4d pregnancy...

Dede bayi on board! Kontrol kali ini penuh kejutan *well, setiap kontrol juga dede selalu mengejutkan kami sih* karena selain pertumbuhannya pesat banget, minggu kemarin juga udah masuk ke 28w. Alhamdulillah, udah 7 bulan...lagi masa bulet-buletnya ni perut, dede juga lagi lincah-lincahnya nendangin perut ibu terus ;)

Di usia kehamilan 28w ini, bentuk perut sebenernya udah sering gak karuan, kadang benjol kiri, kadang benjol kanan..kadang malah atasnya kosong atau dede ke bawah nendang-nendang bladder..ouch ini yang bikin bolak-balik ke toilet buat pipis, capeeee...mana udah susah jongkok di toilet pula @__@

Surpraaaiiiss! karena BB ibu udah 50.2kg ajaaa..!! waaaww...rekor terbesar seumur hidup nih...

dr Tina tetep ceria kaya biasanya, dan dede bayi melengkapi keceriaan hari itu, setiap dikejar alat usg dia lari-lari jadi susah banget nangkep gambarnya. Dede umur 28w4d, so happy to see the movements. Jenis kelaminnya kembali dikonfirmasi dan ditunjukin lebih jelas, karena umur segini bagian-bagian kelaminnya udah terbentuk meskipun kecil.

Minggu sebelumnya waktu di KMC, posisi dede kepalanya masih di atas sedangkan minggu ini kepalanya lagi di bawah, jadi untuk posisi dr Tina bilang gak ada masalah. Masalahnya adalah, EFW dede 1278gr, lebih besar dari seharusnya umur segitu yang 1100gr. Cuma kelebihan 1 ons sih, tapi sekalinya besar, bayi punya kecenderungan lebih membesar lagi kesananya. Yaahh..takut juga ya dede gendut di dalem. Dr Tina nyaranin buat mengurangi makanan yang bikin tambah besar kaya gula-gulaan dan sejenisnya.

Emang sih, selama hamil suka banget makan es krim, es cendol, es teller dan es-es segar lainnya. Habis pas jaman-jamannya mual itu rasanya seger banget kalo makan es dan buah-buahan, dan ternyata beberapa buah juga punya kandungan gula yang tinggi, jadi yaa..no wonder sih kalo dede bisa gede. Kalo minuman sweetened gitu enggak sih kayanya, gak banyak minum teh botol semacamnya gitu..minuman lain selain air putih paling cuma Pulpy Orange dan Pocari Sweat. Juaranya sih tentunya yoghurt. Hampir seminggu sekali minum yoghurt cair maupun frozen, frekuensinya sama kaya air kelapa ijo/kelapa muda. Tapi fro-yo kan no sugar ya..harusnya sih gak bikin gendut *begging for excuse banget*

Kali ini gak dikasih vitamin lagi, soalnya Folamil Genio bulan lalu masih utuh gara-gara keseling minum obat batuk jadi suka gak sempet minum vitaminnya, berasa kejar tayang aja gitu habis minum ini minum itu. Jadi sisa vitaminnya dihabiskan dulu buat 2 minggu ke depan. Oh ya, mulai sekarang kontrolnya rutin 2 minggu sekali buat liat perkembangan posisi dede dan kondisi panggul ibu juga (buat hal ini ayah mesem-mesem seneng, karena bisa lebih sering liat dede meskipun harus pulang lebih sering -- err, kalo yang ini ibunya yang seneng).

Habis USG, disuntik vaksin Tetanus dulu buat menghindari bayinya terkena tetanus. Jadi inget, dulu temen-temen sebelum nikah pada suntik TT, saya enggak...pas hamil, bumil-bumil lainnya ngomongin soal vaksin juga..saya masih enggak...akhirnya kena suntik juga sekarang. Satu kali bulan ini, bulan depan satu kali lagi. Habis suntik sih gak sakit ato apa, tapi malemnya baru kerasa pegeeeel banget tangannya..bukan sakit, pegel.

Biaya kontrol kali ini sekitar 180rb. Dokter 100rb, USG 55rb, suntik vaksin 20rb.

Hari itu lengkap. Ayah-ibu bahagia, dede tumbuh sehat.

Tapii..karena masih penasaran sama muka dede sekalian cari second opinion, besok paginya kita appointment sama dr Widyastuti lagi, kali ini di Melinda Hospital *trauma banget sama antrian Kimia Farma yang ajegile lamanya*. Bela-belain dateng jam 7 sebagai pasien pertama, dr Widyastuti ngecek dede lagi...waaa dede disini lebih besar lagi, 1500kg dengan umur kandungan 30-31w! iya mungkin kalo umurnya segitu sih, berat dede cukup ya. Dan guess what..posisinya sekarang melintang alias sungseeenggg... aaahhh...dedeeee...gagal lagi diambil 3d karena posisinya ngebalik. Dede malu-malu, gak pernah mau ngeliatin mukanya nih...ayah sama ibu kan penasaraaaann...*nangis*


Buat mengatasi sungsang ini, diajarin knee-chest position kaya posisi sujud waktu sholat gitu, tapi dadanya nempel ke lantai, pipinya nengok kiri/kanan, lalu kaki dan tangan dibuka lebar-lebar. Disarankan melakukan itu setiap habis sholat atu 5x sehari selama 2 menit. Maksimal sih, sampe usia kehamilan 35w kalo dedenya udah bisa muter balikin kepalanya kebawah, proses kelahiran insya allah bisa normal. Tapi kalau sampe 35w dedenya masih sungsang yah..gak ada jalan lain selain c-section... Masih cukup waktu buat muter-muterin dede, semoga bisa normal..amiin.

Biaya kontrol di Melinda menghabiskan 150rb buat konsultasi aja. Ini kayanya USG nya gak dicharge, tapi kalau jadi 3d biayanya bisa nambah 200-300rb. Kalo 4d disini harganya 1.4juta *sayang banget mending beli stroller*.

Sekian cerita kehamilan 28w. Postingan tentang belanja habis periksa ada di sini, postingan tentang penetapan dokter ada di sini.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com