Pages

traveling ke tempat ayah :)

Inilah traveling pertama kita selama hamil. Emm..bukan sih, traveling pertama dilakuin pas hamil muda banget alias belum ketauan hamil, 6 bulan lalu, tujuannya sama: MALANG. Tempat ayah dede beribadah mencari nafkah untuk keluarga kecil kami.

Berangkat hari sabtu (14/8), pake pesawat Lion Air CGK-SBY jam 08.40, tadinya mau berangkat jumat malemnya aja, tapi flight paling malem jam 21.40 yang which is ngeri banget nyampe Surabaya-nya, mana mesti nempuh perjalanan darat lagi ke Malang, rempong. Jadinya berangkat sabtu pagi, tetep makan sahur, tapi gak puasa, soalnya takut dehidrasi pas naik pesawat. Alhamdulillah, perjalanan pergi gak ada masalah, take off sama landingnya smooth banget.

Oh ya, sedikit traveling tips buat bumil yang ingin traveling easy, siapin air minum sebotol, minum banyak sebelum take off dan jangan lupa makan besar dulu. Ini berguna supaya gak dehidrasi karena tekanan udara dan perutpun gak terasa lapar luar biasa. Selain itu, untuk luggage..sebisa mungkin gak usah bawa-bawa bagasi deh..cukup handbag atau backpack berisi pakaian secukupnya. Kalo saya sih cuma bawa 2 potong baju dan dua legging, gak lupa bolero dan pashmina u/ ngakalin gaya. Gak perlu bawa satu kerudung buat satu baju, cukup pilih kerudung yang warnanya netral aja (ini berlaku juga buat pilihan warna baju, supaya gampang di matching2in). Selain itu, perlu juga dipersiapkan surat kesehatan/layak terbang dari dokter kandungan, untuk mengantisipasi kali-kali aja ditanya sama maskapainya. Saya sendiri udah ngantongin surat dr Tina dari beberapa minggu lalu dan masih bisa dipake *dengan catatan kondisi kehamilan sama*. Kalo sama Lion gak ditanyain sih.

Tiba di Surabaya jam 09.40, ayah jemput kita di bandara Juanda..langsung berangkat lagi pake Damri ke terminal Bungurasih. Berhubung masih pagi,kita jalan-jalan dulu ke City of Tomorrow alias CITO, niatnya mau beli Rotiboy buat makan siang karena dede udah ngambek dari pagi gak mau gerak-gerak lagi. Beres keliling mal terus belanja makanan, iseng mampir XXI jadinya malah nonton The Last Airbender (ohh noo, it's so last months!) *maklum, udah gak sempet lagi memanjakan diri ke bioskop dan cuma mau nonton kalo sama ayah :D

Dari terminal Bungur, kita naik bis lagi ke Malang. Yang ini perjalanan agak jauh karena mesti lewatin beberapa kota kaya Sidoarjo, Pasuruan, Pandaan, baru masuk Lawang. Tempat kerja ayah ada di wilayah Malang coret, sebagaimana pabrik-pabrik dan industri biasa dilokalisasi. Kostan ayah cuma beberapa meter aja dari pabrik, kamar yang sama yang 6 bulan lalu ditempatin.

Sabtu malem kita istirahat dan buka puasa di rumah aja. Makan seadanya sambil nonton IMB di Transtv. Subhanallah, ini puasa pertama kita berdua (bertiga kalo dede udah boleh diitung), dan untuk pertama kalinya saya nemenin buka puasa orang yang saya panggil "suami".

Besok paginya,sempet bingung mau main ke Batu jenguk Intan atau jalan-jalan ke Taman Safari. Berhubung Intan gak bales-bales sms dan jarak ke Batu juga lumayan jauh, kita akhirnya jalan ke Taman Safari Indonesia II di Prigen, Pasuruan. Waaaa...bagus bangeet!! Menurut saya sih jauh lebih luas dan seru daripada yang di Bogor ya, konon kata orang-orang juga spesies binatang disini lebih banyak dan area nya memang lebih besar, ada water park dan wahana-wahana main juga kaya di Dufan. HTM nya 50rb per orang, udah termasuk coach bus buat keliling-keliling. Beres safari, kita bisa jalan kaki liat atraksi-atraksi binatang, foto2 di baby zoo dan ngunjungin kandang binatang kaya di bonbin gitu. Hari itu saya puasa,dan dede bayi masih belum gerak aktif lagi..cuma sesekali gerakan kecil (ngeyel, harusnya segera buka!).


Pulang dari TSI, kita bertajil dulu di kostan, istirahat sebentar trus keluar lagi cari makan malem. Kali ini makan steak, perbaikan gizi buat ayah setelah sehari-hari makannya nasi-tempe, nasi-sate, nasi-ayam teruusss...:(

Hari senin (15/8), cuti..cuti..cuti...! saya gak puasa karena perutnya perih gara-gara telat makan sebelumnya. Ditinggal ayah kerja dari pagi, bangun tidur jam 10, bingung mo ngapain akhirnya dengan senang hati beberes kamar ayah yang berantakan, as always. Selesei beberes, mandi, abis dzuhur ngaji dulu ngabisin satu juz terus bobo siang *expensive way in weekday*. Bangun tidur ngoprek-ngoprek laptop sambil nungguin ayah 1.5 jam lagi pulang. Geee...ternyata gini ya rasanya nyambut suami pulang kerja tuh,huhuhu...kangeeeenn... :D

Senin malem kita gak main ke kota soalnya hujan deres mengguyur Malang dsk dari sore. Cuman ke pasar, beli anggur merah sekalian makan malem di pinggir jalan..pulangnya kehujanan, langsung bersin-bersin, gak asik banget deh ni badan...

Besoknya tiba waktu pulang...huhuhu,mendadak meriang n gak enak badan. Ini pasti berat hati karena mo pulang. Udah dicoba sih puasa dari subuh sampe tengah hari, tapi di perjalanan dari terminal Arjosari Malang menuju Bungur udah kepanasan trus haus banget. Dede juga gak gerak-gerak lagi sejak paginya. Ayah beliin juice anggur sama air mineral, glek..glek..glek...langsung ngemil snack-snack apa aja yang ada. Pusing, pening, lemes, laper campur jadi satu tapi gak mau ngerepotin ayah yang lagi puasa sama urusan manja-manjaan begini.

Sampe di Juanda lagi, barulah cari makan. Berhubung kebanyakan counter junkfood, jadinya makan Bakso Lapangan Tembak Senayan aja. Rasanya aneh, gak sama kaya Lap Tembak Senayan yang di Jakarta, yang di Juanda ini baksonya gak bening dan nampak sudah dibumbui berwarna gelap gitu khas masakan Jawa Timur. Sabodo lah, yang penting makan dan kenyang..terbukti, dede kembali gerak-gerak lagi seabis makan.

16.21, saatnya Teletubbies berpisaaahh...aaaa, this is the usual drama in the airport. Meeting and farewell show. Kalo 4 hari yang lalu ketemu disini emoticonsnya big grin, sekarang emoticons nya crying out loud. Sempet balik lagi ke tangan ayah, gak mau pulang..gak mau pisah sama ayah...gak tega ninggalin ayah...tapi harus pulang...hiiikkssss. Sepanjang check in berusaha gak liat ke belakang, semoga ayah udah pergi naik bis lagi. Sampe di waiting room, ayah udah sms "sedih, ditinggal sama ibu.." maakk, gimana gak tambah mewek lah gw sambil nunggu itu.

Asalnya sih kehibur karena kebagian seat deket window, minimal bisa menerawang ke angkasa *bener-bener angkasa* sambil mellow hati karena berpisah. Eeh, ternyata jejeran kursi 23 A sampe F udah ada yang nempatin, sekeluarga gak mau pisah bo..jadi ngorbanin penumpang lain yang dateng belakangan *sigh*. Jadinya kebagian kursi di row paling belakang...mau gak mau pilih yang deket aisle aja lah, biar gampang keluar dan udah gak mood lagi duduk deket window..benernya sih karena pemandangan dari belakang bakal kehalang sama sayap, jadi males. Kali ini, surat kesehatannya ditanyain sama Batavia, tapi cuma ditanya aja, gak minta diliatin..jadi harusnya sih kalo mau aman ya kantongin aja surat dokter, selain buat jaga-jaga kan mengamankan diri sendiri juga dari kekhawatiran ini itu.

Flight jam 17.05 dari SBY, memungkinkan kita berbuka puasa di dalem pesawat. Disediakan air minum gelas sama roti, mengingatkan saya sama Batavia Air dua tahun lalu waktu perjalanan ke Pekanbaru masih dikasih kotak makanan berisi aqua gelas+roti, tapi belakangan ini gak pernah dikasih lagi.

Begitulah perjalanan dede berkunjung ke tempat ayah di Malang. Good times to remember. Alhamdulillah, perjalanannya sendiri gak bermaasalah. Cuma mungkin karena beda lingkungan dan beda cuaca, jadinya dede sering ngambek dan bikin ibu gak bisa puasa ya. Gpp de, kita ambil rukhshah nya, nanti kalo sudah kuat kita puasa lagi ya ;)

3 comments:

  1. duuuh...terharu bacanya, secara dulu saya juga pernah LDL sama suami (saya di balikpapan, suami di malang) sampe setaon. udah gitu salamah masih bayi lagi, hiks....
    mudah2an mbak bisa segera ngumpul yah, amiin...

    btw, malang coret-nya dimana nih? kantor saya di singosari (tapi samping kantor udah masuk lawang,hehe)

    ReplyDelete
  2. wow, kapan hari udah pernah mampir blog ini, tapi belom sempet baca2 penuh.
    baca kali ini -honestly- lumayan terharu juga. very nice posting!!

    ReplyDelete
  3. @ummu salamah
    waa mbak..suamiku memang di Lawang, Singosari mah deket atuh yaa...kpn2bs ketemuan klo aku ud disana, insya Allah :)

    @dr Adhi
    waduuu...maluuuu...hihihi. makasih ud mampir2 ya dok..keep reading :)

    ReplyDelete

 

Blog Template by BloggerCandy.com