Pages

Puasa

Niat puasa kali ini selain tentunya beribadah untuk Allah juga ngajarin dede berpuasa sedari dini. *ngaruh gitu? yaaa gak tau juga sih dede udah ngerti apa belum, tapi walaupun disayangkan ibu-ibu kantor banyak yang gak support puasa pas hamil, insya Allah dede pasti ngerti ibunya harus berpuasa dan gak bakal macem-macam yang bikin membatalkan puasa.

Setelah menguatkan niat plus baca-baca referensi dan tips termasuk dari sini, Alhamdulillah, puasa hari pertama kemarin tamat dengan sukses, tanpa keluhan apa-apa. Sempet juga sih menyesalkan kenapa gak keburu dapet catering sehat, yang bisa mengakomodasi kebutuhan nutrisi semasa hamil. Tapi ya sudahlah, mungkin gak diizinkan bayar catering yang notabene mahal..tinggal ibunya yang mesti kreatif atur-atur menu sahur dan buka supaya nutrisinya tetap terjaga.

Menu sahur kemarin adalah telor ceplok, sayur pare-teri, dan sambel goreng kentang ati. Minum obat batuk dulu berhubung lagi batuk-batuk dari hari sebelumnya. Tambahan lagi dua sendok Sari Kurma untuk tambahan energi. Saya gak tau ya ada khasiat ajaib apa dari sari kurma ini, tapi diinstruksikan baca bismillah dulu dan minum pake tangan kanan (iyalah ya, makan-minum juga kan sebaiknya pake tangan kanan), tapi yang jelas kandungan energinya gede banget, mungkin ini juga yang bikin tetep fit sampe sore hari.

Bangun tidur badan sama sekali gak ngerasa pegel-pegel seperti biasanya, dan tumben gak ngerasa laper lagi. Biasanya kalo habis subuh trus tidur lagi tuh, pagi-paginya perut kembung dan berasa lapeeer banget. Tapi ini enggak loh, dan bisa beraktivitas seperti biasa. Jam 12, jam 2...gak ngerasain hasrat pingin ngemil gila-gilaan seperti hari-hari biasa. Lupa pun enggak :D

Menjelang siang sih dede banyak gerak-geraknya, tadinya saya kira ini sinyal lapar, tapi ternyata gerakan bayi ini gak ada hubungannya sama rasa lapar atau haus. Jadi intinya berpuasa tidak berpengaruh buruk pada janin, karena janin bisa ambil nutrisi dari ibunya kalo memang lapar. Makanya ibunya lah yang harus senantiasa menjaga asupan gizi dan makanan yang baik untuk cadangan janin. Ikutin tips dari @mommeworld, untuk mengontrol gerakan janin juga bisa dilakukan per 4 jam. Jika dalam 4 jam terdapat 10 gerakan janin atau lebih,maka dapat dipastikan janin baik-baik saja. Tapi kalo gak nyampe segitu, maka bumil disarankan berbuka puasa untuk mengatasi dehidrasi.

Pas buka puasa, saya bikin sop buah belimbing pake susu bumil (kali ini lagi pake Lactamil coklat). Heu, aneh sih..tapi daripada beli yang bergula bikin batuk. Habis itu cemal-cemil dikit, trus bobo dulu abis magrib baru jam 7 makan malem sama sayur tongkol dan kentang-ati. Minum lagi sari kurma dan Caldece dari dokter. Jam 11 malem harusnya makan lagi sih, tapi keburu ngantuk..akhirnya jam 2 pagi baru bangun bentar buat minum sari kurma lagi (diminum 3x sehari), abis itu bobo lagiii sampe stengah 4 sahur lagi sama sayur asem, tempe orek dan ikan kembung.

Oh ya, to make an anticipation earlier, saya sengaja gak angkut cemilan-cemilan yang sebelumnya ada di meja ke lemari kostan. In case saya terpaksa buka, sedangkan cari makanan di bulan begini agak susah juga, jadi masih ada stock. Ada satu pack Station Rasa, cemilan ber-MSG kaya Anak Mas sekitar 5 bungkus, Rice Krispies cereal, dan Pringles Keju satu tube, semua di dalem laci *untuk menghindari tangan2 jahil yang tergoda buat ngemil* ;p

Soal ngantuk juga ternyata gak parah-parah amat. Seharian kemarin kebetulan gak ngantuk samsek, cuma hari ini doang abis dzuhur di mesjid, ngaji terus bobo bentar.. Tauu siih..it won't be long lasting on the days ahead, tapi yah lumayan lah buat starter.. Mudah-mudahan kalopun bolong, bolongnya gak banyak banget yaaa..

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com