Krim Anti Selulit dan Stretchmark

Pasti banyak yang nyari produk krim anti selulit dan stretchmark untuk hamil dan pasca melahirkan. Seringnya, cerita tentang selulit dan stretchmark ini jadi horor buat para bumil, sama mengerikannya sama kulit perut yang jadi menggelambir usai melahirkan :( 

krim anti selulit dan stretchmark

Awalnya saya clueless banget soal perawatan kulit saat hamil. Tapi nyokap cerewet banget ngelarang garuk-garuk kulit kalo lagi mens ato hamil biar gak jadi stretchmark, denger sih mitos-mitosnya tapi ya udahlah, pasrahin aja kan wajar gitu namanya juga ibu hamil dan melahirkan. Tapi dari obrolan sama temen-temen bumil dan ibu-ibu lain, kayanya lumayan juga nih buat pencegahan biar gak makin banyak. Secara garis-garis putih di paha udah ada dari sebelum hamil, akibat dulu pernah gendut kayanya :(

Krim Anti Selulit dan Stretchmark Yang Aman untuk Ibu Hamil 


Sering juga denger krim anti stretchmark ini itu, terutama dari merek-merek kosmetik cantik. Tapi gatau deh, kalo hamil berasa lebih percaya aja sama merek-merek kosmetik bayi ato bumil. Jadinya cuma ngelirik produk anti stretchmark Mothercare, Pigeon atau Cussons aja. 

Denger juga soal khasiat minyak zaitun buat kulit, pengalaman para bumil sih minyak zaitun itu dioles 2x sehari ke perut, paha, dan lengan atas, titik-titik rawan selulit. Tapi waktu Health Talk di kantor, dokter gizi nya bilang minyak zaitun itu kaya banget Omega 4 nya tapi paling baik dikonsumsi dengan cara diminum atau dijadiin salad dressing, bukan dioles ke kulit...eng.... -__-' 

Eh iya, biar gak salah, ini bedanya antara stretchmark sama selulit ya:

Selulit adalah penumpukan sel-sel lemak yang berlebihan pada jaringan kulit, sehingga membuat permukaan kulit tampak tidak rata. Penumpukan itu terjadi akibat peningkatan kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis. 

Sementara stretchmark, adalah tanda berupa garis-garis memutih tak beraturan timbul akibat rusaknya jaringan pada lapisan dermis kulit yang mengalami peregangan secara drastis dan mendadak. 

Selain kedua horor S di atas, pada ibu hamil juga terdapat warna kehitaman berupa garis kehamilan (linea nigra) yang sering terjadi di sekitar daerah perut, membujur vertikal mulai dari pusar hingga pubis. Tetapi sebenarnya setelah melahirkan, biasanya linea nigra yang berwarna gelap akan kembali menjadi garis yang berwarna lebih terang.


Cussons First Year Stretchmark Cream


krim anti stretchmark

Akhirnya, setelah pikir-pikir, pencarian krim pencegahan ini berakhir sahaja pada Cussons Nourishing Stretchmark Cream, beli di Carrefour seharga 41rb. Sebenernya ini produk dari seri Cussons First Year New Mum, kalo mau beli paketan isinya sama bodywash, lactation oil, reviving gel sama body firming cream, harganya 89rb, tapi kalo mau beli satuan juga bisa. 

*Fyi aja, krim stretchmarknya Mothercare itu harganya 119rb, sedangkan Pigeon 126rb. 

Mustika Ratu Zaitun Body Butter



krim anti selulit

Terus, setelah pikir-pikir lagi (banyak mikirnya nih) kayanya nyoba zaitun oke juga. Sempet mau ambil extra virgin olive oil asli dari Spanyol itu, tapi ragu-ragu, jadinya ambil body butter Zaitun-nya Mustika Ratu aja deh buat sehari-hari. 200g harganya 36rb. Ini juga berdasarkan pengalaman para bumil sama body butternya Body Shop yang Mango, Shea atau Coconut, katanya ampuh juga.

Oh ya, buat ibu-ibu Asia jangan terlalu khawatir sama stretchmark ini, soalnya 90% stretchmark terjadi pada orang kulit putih (ras Kaukasia). Yes!! Lagipula, keluhan ini bersifat genetik kok, treatmentnya beda-beda pada setiap bumil, jadi tenang aja :)  

Untuk pencegahan dan treatment, krim anti selulit dan stretchmark ini boleh dicoba.

Basicly, kehamilan memang mengubah segalanya. Mindset, pola hidup, kedewasaan, bentuk badan, termasuk juga rasa percaya diri. Even sama suami sendiri suka gak pede, padahal kan kita 'begini' karena 'perbuatan' dia juga, harusnya sih pede-pede aja lagi. 

Cuman yah, sedikit gak nyaman aja wajarlah. Apalagi kalo lagi main bareng temen-temen yang masih pada single ladies, doh..ada emak-emak gendut ikut-ikutan nongkrong berasa gimana gitu, tapi yah..pede dan bangga aja, moms. Kita punya krim anti selulit dan stretchmark, kok! hehehe. 

We carry a life, a gretest gift :)
Next Post Previous Post
12 Comments
  • @intanchocofloat
    @intanchocofloat 14 Juli 2010 pukul 11.30

    jeng perutku koq ga pecah ya kulitnya..
    ato belom..
    hehe kemaren pas gathering juga nyobain mustika ratu temen itu..
    lumayan..
    berapa harganya?

  • Rella Sha
    Rella Sha 14 Juli 2010 pukul 14.03

    sama..perutku juga adem2 aja..mudah2an sampe nanti gak knp2 :D

    body butternya 36rb, kalo body scrubny 32rb. cobain aja itung2 pake body lotion sehari2.

  • Anonim
    Anonim 14 Januari 2011 pukul 19.36

    aku dulu jg ngira ga knp2 krn smp bln ke 8 ga ada strechmark ny. tp bgt bulan kesembilan lgsg banyak muncul knp ya???

  • Anonim
    Anonim 19 Maret 2011 pukul 16.58

    iya, aku jg dulu sampe 8 bln ga knp2, begitu dekat2 mau lahiran lgs muncul StretchMark banyak. Pdhl dr awal hamil uda pake Body Shop Shea Body Butter sehari 2x tiap abis mandi.Hik :(

  • Anonim
    Anonim 24 Juni 2011 pukul 22.56

    sy juga pake body butter shea, pernah pake 1 tube cussons untuk stretchmark.... Tp ga ngaruuuuh hiks tetep banyak garis itam, ngeri deh tiap liat. (eda-mks)

  • Anonim
    Anonim 23 Januari 2013 pukul 19.57

    klo aq sih gk ada garis n gk ada selulit,, lgsg balik seperti smula,,, cuma kulit perut trasa agak kendur aja,,
    pake apa ya ngencenginnya,,?

  • Unknown
    Unknown 3 Juni 2013 pukul 11.45

    Klo aku baca di bosy butter punyanya body shop itu mengansung parabens, termasuk kandungan kosmetik yg silarang saat hamil krn mempengaruhi janin bayi. Jadi gak aku pake deh. Pengen nyari yg lain, mimyak zaitun aman kali ya.

  • Unknown
    Unknown 3 Juni 2013 pukul 11.46

    Klo aku baca di bosy butter punyanya body shop itu mengansung parabens, termasuk kandungan kosmetik yg silarang saat hamil krn mempengaruhi janin bayi. Jadi gak aku pake deh. Pengen nyari yg lain, mimyak zaitun aman kali ya.

  • Anonim
    Anonim 14 Mei 2014 pukul 11.34

    Dear all,,

    aku baru pertama hamil nih,,,
    skrg mau masuk 6 bln. udah mulai perawatan buat perut takutnya kena strectmark. tapi ibuku bilang, stretcmark pasti ada, paling mengurangi aja.
    aku pakai minyak zaitun mustika ratu,, kalo habis pakai baby oil johnson... drumah sih ada body butter zaitun body shop. tapi ga berani pakenya, takut kandunganya keras banget buat baby. (curhat ini crtanya).

    nah skrg mau nanya, tau lulur yang aman buat bumil ga ?.. palingan sih aku luluran di tangan, kaki dan leher, itu aja,, biar ga kusam gtu, karna luluran juga bikin fresh...
    habisnya aku tipe bumil yang leher menghitam, kaki bengkak, idung udah kaya akbar tanjung juga (hahaha), muka berminyak ,, jadi nampak tak terawat gtu,, dan tipe hamil yang menggendut sebadan2 gtu sampe ke muka tembem...

    thanks yaaa :)

  • Mj wistara
    Mj wistara 23 Agustus 2018 pukul 23.02

    Alhamdulillah pake produk ini dr pertama tau hamil sampe melahirkan,Perut saya tetap mulus..trima kasih cussons first years..dimn ya skr bisa cari cream ini ? Butuh buat adik saya yg sedang hamil biar ga ada gurat di perut..

  • Unknown
    Unknown 7 Desember 2020 pukul 21.36

    mustika ratu body butter brarti aman buat bumil ya ?

    • Rella Sha
      Rella Sha 9 Desember 2020 pukul 23.06

      Aman kak, insyaallah

Add Comment
comment url