Susu untuk ibu hamil

Awalnya sih takut minum susu bumil gara-gara denger mitos2nya susu bumil itu gak enak, pait, bau besi dan malahan ada cerita bumil sampe muntah-muntah gitu abis minum susu. Jadi males kan.

Tapi pas kehamilan 9w itu, pas belanja bareng nyokap ke Griya, nyokap narik-narik saya ke bagian rak-rak susu gitu trus suruh milih maunya minum susu bumil yang mana. Yaaa...menolak dengan keras dong saya, secara 9w lagi parah-parahnya morning sick gitu, kebayang enegnya minum susu-susu itu.

Ternyata ada susu khusus mual, susu khusus bumil yang mengalami mual-mual. Merknya Prenagen Mommy Emesis. Bedanya sama Prenagen Mommy biasa karena kandungan zat besinya yang Emesis lebih dikit, konon rasa besi itulah yang biasanya menyebabkan mual. Jadi, vitamin B6 nya yang dibanyakin di Emesis.

seri Prenagen; Esensis - Emesis - Mommy - Lactamom
Pertama kali coba rasa coklat, iih...enak boo! beneran deh rasanya gak jauh beda ama Milo. Gak ada masalah sama sekali sama susu ini, mendingan minum susu daripada minum vitamin :p

Mulai masuk trimester kedua, morning sickness udah hilang saya pindah ke Prenagen Mommy biasa, yang banyak zat besinya. Gak ada masalah juga buat rasa apapun, tapi saya minum yang rasa vanilla soalnya seger wangi-wangi vanilla gitu (ya iyalah, masa wangi melati).

Selain Prenagen Mommy, saya juga nyoba-nyoba merek Nutrima dari Nutricia. Gak ada masalah apa2 sih, cuma pengen nyoba aja rasanya sama nggak. Trus biar vitamin yg masing-masing terkandung di tiap susu bumil juga terpenuhi. Coba rasa vanilla juga ternyata rasanya sama, aman, berarti kalo merek satu gak ada bisa ganti ke merek lain.

Tapi, soal wajib enggaknya minum susu bumil sih balik ke keyakinan masing-masing aja. Nggak diwajibkan karena vitamin-vitamin yang dikasih dari dokter juga sudah mencukupi kebutuhan gizi kita semasa hamil, susu bumil melengkapi semua itu. Tidak ada bukti gak minum susu, janinnya gak sehat ato gimana. Lagipula kalo mau dirunut, ibu-ibu jaman dulu juga pasti belum kenal susu bumil kan, dan hasilnya generasi kita alhamdulillah sehat-sehat aja (yaa walopun dibanding anak-anak sekarang perkembangannya jauh banget)

Terlebih lagi, di negara-negara maju, susu ibu hamil gak banyak ditemukan,atau kalau boleh dibilang dilarang karena mungkin dengan standar kecukupan gizi penduduknya disana bisa berlebihan kalo ditambah minum susu bumil. Berhubung standar kecukupan gizi di Indonesia masih rendah, maka diperlukan pelengkap seperti susu bumil ini.

Perkara dalam susu tsb mengandung ini itu yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan janin, yah itu bisa-bisanya produsen aja membuat produknya berasa sangat penting :)

Kalau saya, ya tujuannya untuk melengkapi itu aja. Diminum 2x sehari, pas nyampe kantor sama pas sebelum pulang. kecuali hari sabtu, minggu dan hari libur, berhubung di kostan gak ada air panas :p

2 comments:

  1. Aku juga kemaren baru dibeliin Susu Prenangen Mommy ama suami..padahal kan harusnya step nya dari Prenagen Emesis ya, tp kata suami karna aku ga mual and muntah secara reguler langsung aja ke yang Mommy...ya udah deh aku ngikut aja karna ini kan cuma buat nambah2 vitamin aja yaa... o ya aku dibeliin yang rasa strawberry karna pernah nyoba di karfur dan rasanya seger deh..( secara aku eneg abis ama susu vanila )met minum susu ya bumil, ngakak pas baca yang dikosan ga ada air anget.. hehe..

    ReplyDelete
  2. hahaha....kasian banget ya aku...tv, kulkas, blender, rice cooker ada...tapi dispenser gak punya heee *males gotong2 galon, berat*

    selamat minum susu juga ya gracey, aku skrg udah tahap coba2 yg lain nih..udah 3 merek yg aku coba ;)

    ReplyDelete

DailyRolla. Template images by klosfoto. Powered by Blogger.

© 2011 ♥ ..Our Daily Rolls.. ♥, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena