Pages

Kehamilan Minggu 12

Ini adalah minggu terakhir dari trimester 1, tidak terasa 3 bulan kehamilan telah terlewati. 6 more months to go!
by Adhiatma Gunawan
Panjang janin pada minggu ini telah mencapai sekitar 5,5 cm, dengan berat sekitar 15 gram. Hampir semua sistem baik sistem pencernaan maupun sistem pernapasan, sudah makin terbentuk menuju kesempurnaan.

Janin sudah mengalami kontraksi pada pencernaannya dan janin sudah dapat memperoleh makanan dari ibunya lewat placenta. Tulang janin telah memiliki sumsum yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah pada janin. Minggu ini, sel darah putih yang berfungsi untuk kekebalan tubuh bayi, mulai diproduksi oleh sumsum tulang.

Yang tetap penting diingat adalah apa yang ibu hamil konsumsi akan mempengaruhi nutrisi janin. Jadi kalau nutrisi dari makanan tidak cukup, maka perkembangan sistem kekebalan bayi tentunya tak akan maksimal. Lagipula keluhan mual muntah seharusnya sudah berkurang drastis atau bahkan sudah tidak mengganggu lagi, jadi calon moms bisa lebih leluasa dalam memilih makanan.

Tips of the week: Jika selama minggu-minggu sebelumnya Anda kuatir untuk berhubungan dengan pasangan, maka memasuki trimester 2, hal tersebut relatif aman, karena kondisi janin juga semakin stabil.

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com