Pages

9 tanda kehamilan

Baca artikel dari sini, ngebantu banget buat mengenali sejumlah tanda-tanda kehamilan. Pada beberapa wannabe-moms, ada tanda-tanda tertentu, tapi secara umum, tanda-tanda berikut bisa mewakili.

Tanda-tanda ini dapat menjadi suatu sarana untuk mengira-ngira saja, tapi yang perlu diingat adalah, semua tanda di bawah ini bukanlah tanda pasti kehamilan. Jadi tidak menjamin jika Anda mengalami satu atau bahkan beberapa gejala seperti yang tertera di bawah ini, lalu Anda boleh mengambil kesimpulan bahwa telah terjadi kehamilan. Diagnosa pasti kehamilan hanya dapat ditegakkan ketika ditemukan adanya tanda kehidupan dalam rahim si ibu.

Beberapa gejala atau tanda tersebut diantaranya adalah:

1.Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri. Anda merasakannya seperti saat mendekati menstruasi, payudara anda menjadi lebih besar, kadang nyeri jika disentuh. Beberapa wanita bahkan bisa merasakan perbedaannya beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

2.Mudah lelah. Anda tiba-tiba jadi malas melakukan kegiatan biasanya, ingin tidur seharian, seperti kehabisan tenaga. Jangan coba melawannya, tenang saja, dan biarkan berjalan apa adanya sampai anda membuktikannya nanti.

3.Mual dan Muntah. Gejala ini seringkali di-identik-kan dengan kehamilan. Perubahan hormon (peningkatan hCG) akan menyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari -dan bahkan di siang dan malam hari juga. Jika Anda benar-benar positif hamil, tenang saja karena biasanya gejala ini hanya berlangsung di trimester 1.

4.Penciuman lebih sensitif. Kadang ketika anda merasa bahwa penciuman Anda lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang “mencium” gejala kehamilan. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

5.Sering Kencing. Ooppps, kenapa ya akhir-akhir ini Anda mendapati diri anda jadi lebih sering ke toilet? Perubahan hormon bertanggung jawab penuh atas peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi kencing Anda. Jadi saat ke toilet besok, mungkin anda perlu membawa alat tes kehamilan.

6.Perut kembung. Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi perubahan hormon akibat kehamilan adalah penyebabnya.

7.Tidak haid. Walaupun tidak selalu berarti suatu kehamilan, tapi tidak munculnya haid bisa jadi merupakan tanda bahwa Anda hamil. Sangat disarankan bagi wanita untuk rajin mencatat tanggal siklus haid mereka.

8.Kenaikan suhu tubuh. Jika anda teliti, suhu basal anda (suhu ketika anda baru bangun tidur di pagi hari) akan meningkat hingga 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan ini bisa berlangsung terus jika anda memang hamil.

9.Spotting. Jika Anda sedang mengharapkan kehamilan, dan kalender sudah menunjukkan anda terlambat haid, jangan keburu panik ketika mendapati bercak darah (spotting). Itu bisa saja akibat penempelan embryo pada dinding rahim anda, dan itu hal yang normal. Yang perlu anda lakukan adalah beristirahat, dan mungkin berkonsultasi dengan dokter Anda.
 
So, are those pops up in your days, mom wannabe?? ;)

No comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com