Pages

test... post from blogger app for android

Catatan (telat) Lebaran 1435H

Mau ikut postingan lebaran tapi kayanya telaatt betuull...
Tapi mau cerita sedikit aja deh buat arsip *duile kaya bakal dicari-cari* 

Lebaran tahun ini kita nggak mudiiikk.... 
Pertama kali lebaran di rantau, lebaran sendiri, eh berempat, eh berlima ajaa... 
Rasanya yaa...hhmm, Ya melloooww...

Terutama kalo liat postingan teman-teman socmed yang berfoto sama keluarga besar, kayanya rameee, seruuu, makan besar, makan enak, dan ngumpul heboh. Gitu juga pas mamah bbm foto keluarga besar, yaahh gitu deeh...iri-iri gimana gituu

Tapiiii, tetep hepi ending doong. Karena banyak yang bisa disyukuri dari berlebaran sendiri.

Berkah pertama, Alhamdulillah, ayah tiba-tiba dapet hidayah inisiatif ngajakin bebenah rumah. Dimulai dari angkut-angkutin "beban" sisa renovasi terakhir. Pasir dikarung-karungin, batu bata diberesin, halaman yang nyaris jadi hutan lindung dibabat habis trus tutup pake paving block. Plus, ngecat depan rumah yang udah buluk banget selama 2th dari sejak pindah..yang ngecat ya ayah sendiri, dibantu (baca: direcokin) anak-anak. Di dalem juga gue beberes barang useless, dapet sekardus gede dan beberapa karung sampah rongsokan.. Setelah semua diangkut, rasanya sih idup lebih efisien aja gitu dengan tidak menyimpan "sampah" di rumah.      

Berkah paling jackpot ya gue jadi bisa bikin masakan lebaran, meskipun ala-ala dan bolak-balik nyontek resep, tanya sana-sini. Lumayaann....menu lebaran sederhana bisa juga tersaji, biar tetep kerasa suasana lebarannya.
ketupat, rendang, sambel goreng ati, mac schotel, kerupuk udang, thai tea, fruit salad
Siapa yang nyangka gue bisa bikin rendang, haha...seumur-umur ga kepikiran bikin rendang sendiri karena males rumit. Udah nyimpen kontak Sederhana terdekat buat mesen rendang 2kg buat lebaran, udah survey warung-warung yang bisa dipesen bikin lontong sayur. Pokoknya udah siap pesen semua deh...

Sampe akhirnya H-7 kepikiran buat masak sendiri aja. Dimulai dengan niat, dilanjut beli tabloid Saji edisi spesial resep-resep lebaran, trus nyusun menu sendiri yang kira-kira bahannya gampang dan masaknya bisa sambil nyambi-nyambi yang lain.. 

Tapi rata-rata sih menu lebaran mah bisa nyambi ya, soalnya daging direbus, hati sapi direbus, ketupat direbus, sementara itu jadi bisa potong-potong kentang, bumbu, goreng kerupuk, dsb. 

Ya jadilah menu seperti di atas. Ready dari malam takbiran. Hari H cuma bikin fruit salad sama iced thai tea. Alhamdulillah yah, cucok...nggak gagal lah, karena toh ludes-ludes aja *yaiyalaaah gak masak lagi sampe tiga hari kedepan :p 

Berkah lain juga kita jadi bisa silaturahmi sama tetangga-tetangga di sini. Aslinya sih komplek sepiii banget karena rata-rata ya perantauan juga. Tapi di gang ini ada beberapa orang tua yang jadi host mudik keluarga besarnya dan beberapa tetangga yang baru mudik sehabis sholat Ied. Jadi masih bisa keliling salam-salaman, icip-icipan kue.        

Tadinya sih pengen silaturahmi juga ke temen-temen gue di sini, tapi nggak jodoh waktunya. Ya udahlah hari lebaran kita puter-puter aja, eh masih sempet tidur siang ding ngecas badan yang beberapa hari terakhir dibawa begadang. Bangun tidur nyari bakso buat makan sore, unfortunately yah si Bakso Sumsum favorit tidak melayani pembelian umum, cuma terima pesenan, dan Bakso Cak Kar fenomenal juga tutup huhu penasaran deh akhirnya nyangkut di Bakso Cak Man yang udah pastilah buka.    

Ternyata jalanan di kota sih sepi dan lancar bangeett, yang tadinya gue kira Malang bakal macet abis karena jadi tujuan mudik. Cuma beberapa titik aja yang padat merayap misal di kampung-kampung atau jalur mudik. Selain itu juga toko-toko ato tempat makan malah banyak yang tutup ini entah ya mungkin di sini orang cari uang nggak segiat di kota metropolitan yang mau lebaran kek, mau lagi ada demo kek, jualan tetep jalan demi pemasukan.  

Hari kedua lebaran, kita jalan-jalan ke Surabaya pake kereta api Penataran Ekspress jam 5 subuh. Kenapa nyubuh? karena kereta ekspress cuma ada 2 jadwal, subuh dan sore. Syukurlah anak-anak mau diangkut subuh-subuh karena semangat mau naik kereta ke Surabaya.

turun kereta muka bantal
Nyampe stasiun Gubeng jam 7 pagi, gejeee....untung gue udah bekel macschotel dan apel buat sarapan dulu di Alfamart sambil ngopi-ngopi. Sebenernya ke Sby ini gak ngapa-ngapain sih, berhubung gak tau jalan juga dan gak ada siapa-siapa yang bisa dikunjungin, jadi ya niat main aja thawaf dari mal ke mal yang gampang. Hasilnya seharian ngebolang,  jadi tau Grand City sama Tunjungan Plaza (yang cuma kuat ampe TP-3 aja), tau taman Bungkul yang dapet penghargaan UNESCO, liat taman-taman kota lain yang bagus banget jadi gak berasa kalo Sby itu puanasnya luar biasa. Seriously dulu gue underestimate Sby, yang kebayang adalah panas, panas, dan dolly. Bu Risma emang hebat banget bisa nyulap Surabaya jadi sebagus ini.     

Pulang dari Sby jam 7 malem, nyampe rumah lagi jam 9an...tepar to the max. Tapi seneng liat anak-anak seneng cerita naek kereta, naek bis, dan pulang bawa oleh-oleh mainan hasil diskonan Toys Kingdom.

Besok-besokannya kita nyantai aja dirumah menikmati liburan, nunggu-nunggu kabar kapan si bakso kesayangan buka karena ternyata ampe hari Jumat pun Malang masih sepi-sepi aja, tempat makan masih sedikit yang buka dan sport center tempat berenang anak-anakpun belum beraktivitas lagi. Nampaknya trend taman kota udah merambah kemana-mana ya, tepuk tangan buat para walikota yang hebat. Sekarang Malang juga punya taman kota yang ada fasilitas playground outdoor, sand-like area, jogging track, bahkan yang ada watersplashnya, free. Lumayan buat ngajak main jauh-jauh dari playground mall yang sejamnya mihil, parkirnya mihil.

Emang ya, liburan itu kalo dinikmati kerasa sebentar. Karena akhirnya yaahh, back to routines dan fokus kembali beralih ke persiapan anak ketiga.... Ctd.

Merbabu Family Park
Me and babies and bump
Taman Trunojoyo, depan stasiun kota
 

Blog Template by BloggerCandy.com