Pages

Tantangan 10hari ; Komunikasi Produktif

Bagi keluarga kami yang sehari-hari jungkirbalik dengan tugas keseharian, kelas komunikasi produktif sangat membantu dalam meningkatkan bonding dan attachment sesama anggota keluarga. Tidak perlu lama dan membahas hal yang berat, cukup 15 menit ngobrol ringan tapi bermakna. 

- Rella, IIP Malang

Ganti Saja Bahan Masakannya!

Repost from https://www.sahabatnestle.co.id/content/view/ganti-saja-bahan-masakannya.html

Gue seneeeenggg banget nemu artikel ini, karena seringkali mati gaya pas salah satu bahan gak ada di dapur, mood yang tadinya semangat mau bikin sesuatu, turun ke level males dan gak pede. Hehe. 

Here it is, don't worry. Memasak bukan ilmu pasti :)

Memasak bukan ilmu pasti, memasak merupakan seni yang masing-masing orang bisa berkreasi sesuai seleranya. Karena itu jangan terpaku dengan resep masakan. Bisa jadi kreasi dan variasi resep baru ciptaan Anda justru lebih lezat dibandingkan resep aslinya. Yuk, kita simak beberapa jenis bahan makanan yang bisa saling menggantikan.
·        Ganti santan dengan susu
Beberapa jenis masakan seperti rendang dan opor memang identik dengan santan kelapa. Namun jika Anda ingin membuat bubur kacang hijau, puding buah, kue lumpur, atau kari ayam, santan di dalam resep bisa diganti dengan susu. Citarasa dan warnanya hampir mendekati, bahkan masakan dan kue menjadi tidak terlalu creamy dan lebih kaya gizi.
·        Tidak ada kabocha, labu kuning sebagai gantinya
Beberapa jenis resep memerlukan kabocha sebagai bahan utamanya. Jangan panik, labu kuning atau labu parang bisa menggantikan. Sama persis dari rasa, warna dan teksturnya.
·        Pewarna hijau, ganti dengan daun suji yang lebih sehat
Kue tradisional dan jajan pasar sering menambahkan pewarna hijau sebagai  pemberi warna. Meskipun dalam ambang batas tertentu dibolehkan, pewarna makanan tetap bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Ganti saja dengan menumbuk daun suji dan daun pandan, peras airnya dan gunakan sebagai pengganti pewarna makanan. Selain lebih sehat, pewarna alami daun suji dan daun pandan juga membuat aroma kue lebih harum.
·        Susahnya mencari zuchhini
Zucchini adalah sayuran yang cukup susah dicari di pasaran. Jika bertemu resep yang menggunakan sayuran ini, ganti saja dengan timun jepang atau terung. Tekstur dan rasa kedua bahan ini tidak beda jauh dengan zucchini yang mahal dan susah didapat.
·        Okra dan oyong sama lezatnya
Banyak masakan Eropa dan Timur Tengah yang menggunakan sayuran okra sebagai bahan utamanya. Jika susah mendapatkannya, jangan berkecil hati, masakan tumis okra, atau sup okra bisa diganti dengan oyong. Dilihat dari sisi rasa, tekstur, dan penampakannya okra dan oyong sangat mirip dan sama lezatnya.
·        Susu bubuk bisa menggantikan double cream
Anda pasti pernah menjumpai resep masakan yang menggunakan double creamDouble creamadalah kepala susu. Jika tidak tersedia, ganti saja dengan melarutkan dua sendok makan susu bubuk dengan 4 sendok makan air hangat dan menambahkan sedikit mentega. Dijamin rasanya tidak jauh berbeda.
·        Ganti mentega dengan margarin
Kue dan masakan yang menggunakan mentega (butter) sering membuat kita kelabakan karena harga mentega yang mahal. Mentega merupakan jenis lemak hewani yang tinggi kolesterol. Karena itu, jangan ragu mengganti mentega di dalam resep dengan margarin, si lemak nabati  yang lebih sehat dan murah tentunya.
·        Tak ada maizena, banyak tepung pengganti
Tepung maizena sering ditambahkan sebagai pengental masakan seperti sup, saus  atau cah sayuran. Ambil saja tepung kanji, tepung beras, atau tepung terigu jika di lemari dapur Anda tidak tersedia tepung maizena. Sifat tepung ini sama dengan tepung maizena, yaitu dapat mengentalkan masakan. Catatan untuk tepung kanji, jangan menambahkan tepung ini terlalu banyak karena sifat tepung kanji akan lengket menyerupai lem jika digunakan terlalu banyak. 
·        Jika salmon mahal dan susah didapat
Ikan salmon memang sehat dan mengandung lemak omega yang baik untuk kesehatan tubuh, Namun bukan berarti tak tergantikan. Jenis ikan seperti ikan kakap, ikan tuna, ikan gindara, dan ikan gurami yang lebih murah dan mudah didapat juga bisa digunakan. Ditilik dari sisi nutrisi, ikan pengganti ini juga mengandung zat gizi yang tinggi dan tentu saja tidak kalah lezat.
·        Tidak ada rebung, masih ada umbi bengkuang
Anda mau membuat lumpia namun kesulitan mencari rebung?  Ganti saja dengan umbi bengkuang, warna dan rasanya dijamin mirip. Hanya saja ada aroma khas rebung yang memang tidak dimiliki oleh bengkuang.
·        Susahnya mencari daun selada romaine
Resep salad apalagi resep dari Eropa biasanya menggunakan bahan daun selada yang harganya mahal dan susah didapat karena daun ini sebagian besar masih impor,seperti daun selada romaine, head lettuce, atau selada endive.  Jangan khawatir, ganti saja dengan daun selada keriting, rasa dan kandungan nutrisinya tidak jauh berbeda.
·        Kacang-kacangan bisa saling menggantikan
Kita sering dibuat kelabakan dengan resep kue atau masakan yang menggunakan beragam jenis kacang-kacangan impor, seperti kacang almond, kacang pecan, kacang walnut, chestnut, pistachio, atau macadamia. Anda tentu tidak perlu keluar masuk supermarket terkemuka untuk menjcari jenis kacang ini karena kacang lokal seperti kacang mete, kacang kenari, dan kacang tanah bisa menggantikan kebutuhan akan kacang impor.
·        Saffron mahal, bubuk kunyit sebagai pengganti
Anda tentu akan mundur teratur ketika melihat resep masakan yang nampak lezat seperti nasi briyani ternyata menggunakan bumbu bernama saffron. Bukan saja susah dicari, bumbu ini juga sejumputnya saja berharga ratusan ribu. Tambahkan saja bubuk kunyit, dijamin warna dan rasanya tidak jauh berbeda dengan bumbu saffron.
Jadi, jangan terpaku dengan patokan resep standar. Bahan makanan tertentu bukan harga mati yang harus ada di dalam sebuah resep.  
Jika tidak tersedia, bukan berarti Anda batal memasak, kan? Cari saja alternatif pengganti dan terus semangat memasak
 

Blog Template by BloggerCandy.com